Senin, 02 Mei 2011

G A M B A R


1.             Rasulullah saw. bersabda, “Sesunggunya orang-orang yang paling berat siksaannya nanti di hari Kiamat, yaitu orang-orang yang menggambar-gambar ini. Dalam satu riwayat dikatakan, ‘orang-orang yang menandingi ciptaan Allah.” (HR. Bukhari).*

2.             Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiap membuat gambar (patung) nanti di hari Kiamat dia akan terpaksa untuk meniupkan roh padanya, padahal dia selamanya tidak akan bisa meniupkan roh itu.” (HR. Bukhari).*

3.             Said bin Abdullah Hasan, ia berkata, “Saya pernah berada di tempat Ibnu Abbas, kemudian tiba-tiba ada seorang laki-laki yang datang menanyakan, ‘Hai Ibnu abbas saya adalah seorang laki-laki standar hidupku (ma’isyahku) dari hasil pekerjaan tanganku, yaitu saya membuat gambar-gambar ini!’ Maka jawab Ibnu abbas, “Saya tidak akan menjawabmu kecuali menurut apa yang pernah saya dengar dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda, “Barangsiapa menggambar suatu gambar, maka Allah akan menyiksa dia, sehingga dia dapat meniupkan roh kepadanya.” Setelah mendengar jawaban ibnu abbas tersebut, orang laki-laki itu naik pitam. Maka Ibnu abbas pun kemudian menjawab. “Celaka engkau! kalau kamu masih tetap saja mau membuat, maka buatlah pohon dan setiap yang tidak bernyawa.” (HR. Bukhari).*

4.             Dari ‘Aisyah r.ha. ia membeli sebuah bantal yang bergambar-gambar. Nabi saw. berdiri saja di pintu, tidak mau masuk ke dalam. Lalu ‘Aisyah r.ha.berkata, “Saya bertobat kepada Allah seandainya saya salah.” Nabi berkata, “Untuk apa bantal itu?” Jawab saya, “Supaya tuan duduk dan bersandar di situ.” Sabda beliau, “Sesungguhnya orang yang membuat gambar semacam ini akan disiksa di hari Kiamat, dikatakan kepadanya, “Hidupkanlah apa yang kamu buat itu!” Sesungguhnya malaikat tidak masuk kedalam rumah yang di situ ada gambar-gambar hewan.” (HR. Bukhari).*



Hadits yang penulis beri tanda  *  Serendah-rendahnya berderajat Hadits Hasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar