Senin, 02 Mei 2011

MENJAGA LISAN


1.             Nabi saw. bersabda, “Amal yang paling dicintai Allah adalah memelihara lidah.” (HR. Baihaqi).

2.             Nabi saw. bersabda, “Amal (perbuatan) yang paling disukai Allah, adalah memelihara lisan.” (HR. Baihaqi).

3.             Nabi saw. bersabda, “Seorang hamba tidak mencapai hakikat iman, sehingga dia sendiri mengendalikan lisannya.” (HR. Thabrani).

4.             Nabi saw. bersabda, “Lisan akan disiksa dengan suatu siksaan yang tubuh pun tidak akan disiksa dengan siksaan itu, lalu lidah berkata, ‘Wahai, Tuhanku, mengapa Engkau menyiksaku dengan suatu siksaan yang Engkau tidak menyiksa pada tubuh?’ Maka dijawab, ‘Karena telah keluar perkataan darimu yang telah sampai ke Timur dan Barat, dengan perkataanmu itu mengalir darah yang haram. Demi kemuliaan-Ku, Aku akan menyiksamu dengan suatu siksaan yang Aku tidak menimpakannya pada tubuh sedikitpun.” (HR. Abu Nu’aim).

5.             Nabi saw. bersabda, “Janganlah memperbanyak ucapan selain zikir kepada Allah, karena sesungguhnya banyak ucapan yang bukan zikir kepada Allah itu akan menjadikan hati keras dan sesungguhnya orang yang paling jauh dari Allah adalah orang yang hatinya keras.” (HR. Tirmidzi).

6.             Nabi saw. bersabda, “Barangsiapa yang banyak bicara, berarti banyak tergelincirnya. Siapa yang banyak tergelincirnya, berarti banyak dosanya, siapa yang banyak dosanya, maka api Neraka lebih pantas melahap dirinya.” (Ibnu Hibban).

7.             Nabi saw. bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu mempunyai bahan nasihat untuk temannya, maka hendaklah ia menyampaikan kepadanya.” (HR. Ibnu Adi).

8.             Rasulullah saw. bersabda, “Kalimat yang baik adalah sebagai sedekah”. (HR. Bukhari, Muslim). *


Hadits yang penulis beri tanda  *  Serendah-rendahnya berderajat Hadits Hasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar