Selasa, 03 Mei 2011

KEUTAMAAN SURAT AL QIYAMAH (AL BAIYINAH)


1.    Bersabda Nabi saw., “Bahwasannya Allah mendengar bacaan: “Lam Yakunil Ladziina kafaru,” maka berfirmanlah Allah: Gembirakanlah hambaku, demi kebesaran-Ku, sesungguhnya Aku akan memberikan ketetapan baginya di dalam surga, sehingga memuaskan hatinya.” (HR. Abi Nu’aim).

2.    Rasulullah saw. bersabda,”Allah Ta’ala mendengar bacaan  “Lam yakunilladziina kafaruu dan berfirman, ‘Berikanlah kabar gembira kepada hamba-Ku. Demi keperkasaan-Ku, Aku tidak akan pernah melupakanmu sesaat pun di dunia maupun di akhirat nanti. Dan Aku tempatkan kamu di dalam surga sehingga kamu rela.’” (HR. Al Hafizh Abu Musa Al-Madini, Ibnul Atsir).

3.    Juga ada riwayat mengenai orang yang membaca surat Lam yakunilladzina kafaru (Al Bayina), Allah akan berkata kepada orang yang membacanya, ‘Terimalah kabar gembira hai hamba-Ku, maka demi kemulyaan-Ku akan Aku tempatkan anda dalam sorga hingga puas.” (Irsyadul ‘ibad ilasabilirrasyad).

4.    Malik bin Amr bin Tsabit al-Anshari mengatakan, “Ketika turun surat lam yakunilladzina kafaru min ahlil kitab, jibril berkata, ‘Hai Rasulullah, sesungguhnya Tuhanmu memerintahkan kepadamu untuk membacakannya kepada Ubay.’ Lalu Rasulullah saw. mengatakan kepada Ubay, ‘Sesungguhnya Jibril menyuruhku untuk membacakan surat ini kepadamu.’ Ubay bertanya, ‘Sungguhkah aku telah disebutkan di sana, ya Rasulullah?’ Rasulullah menjawab, ‘Betul.’ Ubay pun menangis.’” (HR. Ahmad).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar