Senin, 02 Mei 2011

S A B A R


1.             Rasulullah saw. bersabda, “Sabar adalah cahaya”. (HR. Ahmad). Hadits Shahih

2.             Rasulullah saw. bersabda, “Seseorang tidak diberi pemberian yang lebih baik dan lebih luas dari pada sabar.” (HR.Bukhari dan Muslim) * secara marfu’.

3.             Dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Binasalah orang –orang yang berlebihan tindakannya” (Beliau sebutkan ini sampai 3X). (HR. Muslim).*

4.             Dari Jabir ra. bahwa Nabi saw. ditanya mengenai iman Beliau saw. lantas bersabda, “Sabar dan Murah hati” Sabda Nabi saw. “Sabar merupakan simpanan kekayaan dari semua kekayaan sorga.” Berulang kali Nabi saw. ditanya mengenai sabar, dan dia bersabda “Sabar” Sabda Nabi saw. Seutama-utamanya amal ialah kamu memaksakan kehendak nafsu kamu dengan mengekangnya.”

5.             Isa al masih berkata, “Sungguh kamu tidak akan menemukan apa yang kamu cintai kecuali dengan kesabaranmu terhadap yang kamu benci.”

6.             Nabi saw. bersabda, “Andaikan sabar berupa mahluk lelaki, tentu dia orang yang mulia. Allah amat mencintai orang-orang yang sabar.”

7.             Rasulullah saw. bersabda, “Keyakinan dalam iman haruslah secara bulat dan kesabaran itu setengah dari iman.” (HR. Abu Nu’aim).

8.             Dari Abu Sa’id Al Khudri ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa bersabar maka Allah akan memberinya kesabaran, dan tidaklah Allah memberikan rezeki yang lebih baik dan lebih luas bagi seorang hamba daripada sifat sabar.” (HR. Bukhari, Muslim). *


Hadits yang penulis beri tanda  *  Serendah-rendahnya berderajat Hadits Hasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar