Selasa, 03 Mei 2011

KEUTAMAAN SURAT AZ ZALZALAH


1.    Bersabda Nabi saw., “Barangsiapa membaca surat Idza Zulzilat, samalah pahalanya seperti ia membaca separoh Al-Qur’an.” (HR. Tirmidzi).

2.    Anas ra. Berkata, “Siapa yang membaca Idza zulzilatil ardhu maka menyamai membaca separuh dari Al-Qur’an, dan siapa yang membaca Qul ya ayyuhal kafirun menyamai seperempat Al-Qur’an, dan siapa yang membaca Qul huwallahu ahad menyamai sepertiga Al-Qur’an.” (HR. Tirmidzi, Hakim, Baihaqi). Shahih.

3.    Abu Hurairah ra. berkata, “Rasulullah saw. membaca ayat pada hari itu bumi menceritakan beritanya, ‘lalu berkata, ‘Apakah kamu tahu berita apakah yang akan disampaikan oleh bumi itu?’ mereka mengatakan, ‘Hanya Allah dan Rasul-Nya yang tahu.’ Rasulullah saw. melanjutkan, ‘Berita yang akan disampaikannya itu adalah kesaksiannya tentang amal perbuatan yang telah dilakukan oleh setiap hamba, baik laki-laki maupun perempuan di atas permukaannya, yaitu dengan mengatakan, ‘Dia telah melakukan ini dan ini pada hari ini dan ini.’ Itulah berita yang akan disampaikan oleh bumi itu.’” (HR. Ahmad, Tirmidzi). Hadits Hasan

4.    Dari Sha’sha’ah bin Mu’awiyah paman al-Farazdaq bahwa dia pernah daang menjumpai Nabi saw., lalu membacakan kepadanya ayat, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihatnya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihatnya pula.” Rasulullah saw. mengatakan, “Cukuplah ayat ini bagiku. Aku tidak peduli, walaupun aku tidak mendengarkan yang lainnya.” (HR. Imam Ahmad).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar