Selasa, 03 Mei 2011

Nasehat Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib Mengenai Al-Qur’an


           Dari sebuah hadits yang panjang dan dipersingkat dan diambil yang berhubungan dengan Al-Qur’an. Ali bin Abi Thalib berkata, “Bahwa Rasulullah berwasiat kepadaku dengan sabda beliau, “…Ya Ali! Perbanyaklah membaca surat Yassin, karena dalam membacanya itu terdapat sepuluh macam berkat. Tak ada orang yang membacanya waktu lapar (puasa) melainkan kenyang, tidak orang haus kecuali lepas hausnya, tidak ada orang bertelanjang melainkan ia akan beroleh pakaian, tidak ada orang yang sakit melainkan  sembuh, tidak ada orang yang takut kecuali aman, tidak ada orang yang dipenjarakan melainkan lepas, tidak ada orang bujang melainkan kawin, tidak ada musafir, melainkan matanya terang dalam perjalanan, tidak membacanya orang yang kehilangan sesuatu benda melainkan mendapatkannya kembali, tidak dibacakan ia di atas orang yang akan hampir sampai ajalnya melainkan diringankan baginya. Barangsiapa yang membacanya di waktu Subuh niscaya ia akan aman sampai petang, dan barangsiapa yang membacanya di waktu petang, niscaya ia akan berada dalam keadaan aman sentosa sampai pagi.
          Ya Ali! Bacalah surat Hammim Ad-Dukhan pada mammal Jumat, niscaya Tuhan memberikan keampunan kepadamu.
          Ya Ali! Bacalah surat Hasyr niscaya engkau berkumpul pada hari Kiamat dalam keadaan aman sentosa dari segala sesuatu.
          Ya Ali! Bacalah surat Tabaraka dan As-Sajadah niscaya berkat keduanya engkau diselamatkan Tuhan dari marabahaya hari kiamat.
          Ya Ali! Bacalah surat Tabaraka waktu akan tidur, niscaya engkau selamat dari azab kubur dan dari pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir.
          Ya Ali! Bacalah Qulhuwallahu Ahad dalam keadaan engkau berwudhu, niscaya nanti engkau akan diseru pada hari Kiamat, ‘Wahai pemuji Tuhan, bangkitlah, maka kemudian masuklah ke dalam surga!’
          Ya Ali! Bacalah surat Al-Baqarah, karena sesungguhnya dalam membacanya itu ada membawa berkat, dan tidak mau membacanya itu membawa penyesalan.
          …Ya Ali! Engkau aman dari was-was setan bila engkau baca: “Apabila engkau membaca Al-Quran, Kami (Allah) adakan dinding yang menutup antara engkau dan antara orang-orang yang tidak beriman kepada hari akhirat, (sampai kepada ayat): Mereka berpaling lari ke belakang.” (Al-Isra’ : 45-46)
          …Ya Ali! Apabila engkau makan, maka bacalah “Bismillah” dan apabila selesai maka ucapkanlah “Alhamduolillah”, karena sesungguhnya dua malaikat yang menjagamu tidak akan berhenti menuliskan kebajikan-kebajikan untukmu sampai engkau menyingkirkannya sendiri dari sisimu.
          …Ya Ali! Apabila engkau melihat anjing menggonggong maka ucapkanlah: “Hai kelompok Jin dan Manusia, jika kalian sanggup menembus batas-batas langit dan bumi, maka cobalah tembus! Tetapi kalian tidak akan mampu kecuali dengan kekuatan (ilmu pengetahuan)” (Ar-Rahman : 33).
          Ya Ali! Apabila engkau ke luar rumahmu untuk sesuatu hajat keperluan, maka bacalah ayat Kursi, niscaya hajat engkau insya Allah akan sampai.
          …Ya Ali! Bacalah Qulhuwalahu Ahad karena itu mencegah kefakiran.
          … Ya Ali! Apabila engkau mengendarai kendaraan maka ucapkanlah: Segala puji bagi Allah yang telah memuliakan dan memberi hidayah kepada kami untuk memeluk Islam, dan juga orang yang bersama kami dengan petunjuk Nabi Muhammad saw. segala puji bagi Allah yang telah memudahkan kendaraan ini bagi kami, dan kami tidak berkuasa padanya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”  (Az-Zukhruf: 13-14).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar