Selasa, 03 Mei 2011

KEUTAMAAN SURAT YASIIN


1.    Bersabda Nabi saw.,“Jantung Al-Qur’an itu ialah surat Yasiin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan dosanya.” (HR. Abu Dawud).

2.    Abu said ra. Berkata, “Siapa yang membaca surat Yaa Siin satu kali, maka bagaikan khatam Al-Qur’an dua kali. (Irsyadul ‘ibad ilasabilirrasyad).

3.    Ma’qil bin Yasaar ra. Berkata, Nabi saw. Bersabda, “Siapa yang membaca surat Yaa Siin dengan tulus ikhlas karena Allah, maka diampunkan baginya dosa-dosa yang lalu, maka bacakanlah pada orang-orang yang akan mati (Sakaratul maut).” (HR. Baihaqi).

4.    Ibn  Mas’uud ra. Berkata, “Siapa yang membaca Yaa Siin diwaktu malam, maka pagi-pagi ia telah diampunkan baginya.” (R. Abu Na’im).

5.    Dari Jundub ra. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membaca surat Yaasiin pada malam hari karena mengharap keridhaan Allah, niscaya dosa-dosanya akan diampuni.” (HR. Ibnu Hibban).

6.    Abu Hurairah ra. Berkata, “Siapa yang membaca surat Yaa Siin tiap malam diampunkan baginya.” (R. Baihaqi). Juga berkata “Siapa yang membaca surat Yaa Siin dalam sehari semalam karena mengharap ridha Allah maka pasti diampunkan baginya.

7.    Athaa bin Abi Rabaah berkata, “Siapa yang membaca surat Yaa Siin pada siang hari, tercapai hajatnya.” (R. Addarimi).

8.    Dari Atha bin Abi Rabah ra. Ia berkata, “Telah sampai kepadaku bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “Barangsiapa membaca surat Yasiin pada permulaan hari, akan dipenuhi segala keperluannya.” (HR. Darimi).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar