Senin, 02 Mei 2011

Z A K A T


1.             Anas ra. berkata, Nabi saw. bersabda, “Orang yang tidak mengeluarkan zakat itu pada hari Kiamat di dalam api Neraka.” 
(HR. Thabrani).

2.             Dari Abu Hurairah ra. katanya Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa diberi Allah kekayaan, tetapi tidak dibayarkannya zakatnya, nanti di hari Kiamat hartanya itu akan menjadi ular yang mempunyai dua titik hitam sebelah atas kedua matanya, kemudian ular itu dikalungkan ke lehernya dan menggigit pipinya. Katanya, inilah aku harta yang kamu tumpuk-tumpuk.” Kemudian Nabi membaca ayat, “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari Kiamat.” 
(HR. Bukhari).*

3.             Dari Abdullah bin Mu’awiyah Al Ghadhiri ra. dia mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa telah mengerjakan tiga perkara ini, sungguh ia telah merasakan manisnya iman, yaitu, Menyembah Allah dan paham bahwa tiada sesembahan yang benar melainkan Allah, mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun dengan hati yang ridha tanpa sedikitpun ganjalan, tidak mengeluarkan yang tua, tidak yang cacat, sakit, dan hartanya yang tidak baik. Keluarkanlah dari hartamu yang sedang-sedang saja, karena sesungguhnya Allah tidak meminta hartamu yang terbaik dan juga tidak menyuruhmu mengeluarkan yang terburuk.” 
(HR. Abu Dawud). Hadits Shahih.

4.             Nabi saw. bersabda, “Pangkal segala kesalahan adalah Hubbud Dun-ya (cinta dunia) dan pangkal segala fitnah adalah tidak bersosial serta tidak membayar zakat setelah nishab.” 
(HR. Ibnu Hajar).


Hadits yang penulis beri tanda  *  Serendah-rendahnya berderajat Hadits Hasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar