Senin, 02 Mei 2011

MASJID


1.             Firman Allah Swt. dalam Hadits Qudsi, “Sesungguhnya rumah-rumah-Ku di bumi ialah masjid-masjid dan para pengunjungnya adalah orang-orang yang memakmurkannya. 
(HQR. Abu Na’im, dari Sa’id Al-Khudri ra.).*

2.             Dari Ibnu Mas’ud ra. mengatakan, “Akan tiba suatu masa bagi manusia, dimana mereka duduk di dalam masjid. Mereka tidak berkeinginan kecuali membicarakan urusan duniawi. Allah samasekali tidak memerlukan mereka. Oleh karena itu, janganlah kalian duduk bersama mereka.” 
(R. Ibnu Hibban-Ash-Shahiiihah).

3.             Nabi saw. bersabda, “Hindarkanlah masjid-masjid kalian dari kanak-kanak, orang gila, perdagangan, orang-orang jahat, mengeraskan suara dan menghunus senjata.” 
(HR. Ibnu Majah, Thabrani, Tirmidzi).

4.             Dari Abu Qatadah ra. berkata, “Saya masuk kemesjid ketika Rasulullah saw. sedang duduk dikelilingi orang banyak, lalu saya duduk. Maka berkata Rasulullah saw., “Apakah yang merintangimu akan sembahyang dua rakaat sebelum engkau duduk?” Kata Abu Qatadah, “Ya Rasulullah, Saya melihat tuan dan orang banyak semuanya duduk. Maka sabda Rasulullah saw., “Apabila salah seorang dari kamu masuk masjid, janganlah ia duduk sebelum ia sembahyang dua rakaat.” (HR. Muslim).*




Hadits yang penulis beri tanda  *  Serendah-rendahnya berderajat Hadits Hasan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar