Minggu, 01 Mei 2011

IKHLASH

1.        Dari Muadz bin Jabal ra. Nabi saw. berwasiat kepada Muadz bin Jabal ra. ketika beliau mengutus ke Yaman. “Ikhlashlah dalam (setiap amal) agamamu, niscaya dengan keiklashan itu amal yang sedikit akan mencukupi.” 
(HR. Hakim).

2.    Dari Saad ra. dari Nabi saw. bersabda, “Hanyalah pertolongan Allah Swt. kepada umat ini dengan sebab orang-orang yang lemah diantara mereka, yaitu dengan do’a, sholat dan keikhlasan mereka.” 
(HR. An Nasa’i).

3.    Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt. tidak melihat bentuk rupamu dan hartamu, tapi Allah melihat kepada hatimu dan amalanmu.” 
(HR. Muslim).*

4.        Dari Abu Darda ra. dari Nabi saw. beliau bersabda, “Dunia itu terlaknat dan terlaknat seluruh yang ada di dalamnya, kecuali segala amal yang dilakukan untuk mendapatkan Ridha Allah.” 
(HR. Thabrani). Hadits Hasan.

5.        Dari Amiril Mukminin Abi Hafsh Umar bin Al Khathab ra. telah berkata, aku telah mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya bagi setiap amal perbuatan tergantung pada niat, dan sesungguhnya bagi setiap orang apa yang ia niatkan. Maka siapa yang hijrahnya menuju (keridhoan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kearah (keridhoan) Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya itu karena dunia (harta dan kemegahan dunia), atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kearah apa yang dituju.” 
(HR. Dua Ahli Hadits).

6.        Dari Nabi Muhammad saw. beliau bersabda, kepada Abu Dzar ra. “Wahai Abu Dzar perbaikilah sampanmu karena lautan itu dalam, bawalah bekal sebanyak-banyaknya karena perjalananmu sangat jauh ringankanlah beban bawaanmu karena tanjakannya sangat terjal, dan ikhlaskanlah amalmu karena pengawas malaikat (Raqib dan Atid) sangat teliti.” 
(R. Ibnu Hajar).

7.        Dari Abu Umamah Al Bahili ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt. Tidak menerima amalan kecuali yang ikhlas dan mencari ridho Allah Swt.” 
(HR. An Nasa’i).


8.        Dari ‘Aisyah r.ha.r.ha. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa berusaha mendapatkan ridha Allah sekalipun dengan resiko kemarahan manusia, maka Allah meridhainya dan menjadikan manusia ridha kepadanya. Barangsiapa berusaha mendapatkan ridha manusia dengan melakukan apa yang menimbulkan kemurkaan Allah, maka Allah murka kepadanya dan menjadikan manusia murka pula kepadanya.” 
(HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya).

9.        Dalam suatu hadits dikatakan, “Beribadalah kamu kepada Allah dengan ikhlas, apabila kamu tidak mampu, maka bersabarlah kamu terhadap perkara yang tidak kamu sukai, karena dalam hal itu terdapat kebaikan yang banyak.” 
(Ibnu Hajar).


  Hadits yang penulis beri tanda  *   Serendah-rendahnya berderajat Hadits Hasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar