Minggu, 01 Mei 2011

ILMU


Maha suci Allah Swt. Yang berfirman :
 “Sungguh, Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.”  
(Qs. Al-Isra’ 9).

 “Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak ada pengetahuan tentangnya, sesungguhnya pendengaran, pengelihatan, serta hati semuanya akan ditanya.”
(Qs. Isra’36).

“Katakanlah:“Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakalah yang dapat menerima pelajaran.” 
(Qs.Az Zumar  9).

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” 
(Qs. Al Mujadilah 11).



Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, niscaya Ia akan memahamkan Agama kepadanya.”
(HR. Bukhari, Muslim).

Rasulullah saw. bersabda, “Bila seorang telah meninggal, terputus untuknya pahala segala amal, kecuali dari tiga hal yang tetap kekal ; Sadaqah jariah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak yang senantiasa mendo’akannya.
(HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan jalan baginya menuju sorga.”
(HR. Muslim).

Rasulullah saw. bersabda, “Saya sungguh telah meninggalkan sesuatu kepadamu yang apabila hal itu kau pegang teguh kamu tidak akan sesat selamanya, yaitu Kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya.” 
(HR. Al Hakim, Malik).

Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa melakukan suatu pekerjaan (amal ibadah) yang tidak ada pada Sunnahku, maka pekerjaan (amal ibadah) tersebut tidak di terima.” 
(HR. Muslim).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar